Rabu, 16 Maret 2016

Cara Ampuh Untuk Mengatasi Kenari Over Birahi (Ob)

Over birahi (OB) pada burung kicau ialah kondisi dimana tingkat birahi pada burung dalam kondisi yang tidak stabil atau berlebihan yang berakibat pada penurunan performa, terutama pada burung-burung yang  dilombakan. Over birahi (OB) sanggup di alami oleh semua jenis burung kicau tarmasuk Kenari.

Efek negatif over birahi (OB) pada Kenari:

• Pada Kenari lomba

Kondisi over birahi (OB) pada Kenari lomba memang sangat mengganggu alasannya burung cenderung akan mengalamai penurunan performa yang drastis ketika dilombakan. Suara kicauannya tidak sanggup maksimal alasannya Kenari menjadi bandel dan agresif, ngeruji dan sering turun kedasar sangkar, bahkan ada yang hingga bertingkah mengejar-ngejar juri sambil mengepak-ngepakkan sayap dengan bunyi nyricit. Dalam kondisi demikian, tentunya Kenari tersebut tidak akan mendapat nilai dari juri.

• Pada Kenari rumahan

Kondisi over birahi (OB) pada Kenari rumahan juga akan menjadikan Kenari yang tadinya gacor dan rajin bunyi cenderung menjadi malas berkicau dan menjadi galak pada pemiliknya serta sering bertingkah membuatkan sayap dengan bunyi nyricit.

• Pada Kenari yang di ternakkan

Kondisi over birahi (OB) pada Kenari yang di tangkarkan juga akan mengganggu proses perkawinan kedua indukan alasannya pejantan menjadi sangat bergairah dan mengejar-ngejar indukan betina dengan galak (kasar), sehingga perkawinan tidak sanggup berlangsung lancar.

Untuk mengatasi kondisi over birahi (OB) pada Kenari, sanggup dilakukan dengan beberapa cara berikut ini:

• Kurangi atau stop untuk sementara dukungan Ekstra fooding (EF) yang berpotensi meningkatkan birahi Kenari menyerupai telur puyuh rebus, egg food, kroto, dan buah apel.

• Hentikan sementara dukungan pakan biji-bijian yang berfungsi menghangatkan badan Kenari dan meningkatkan birahinya menyerupai bijian niger seed hingga kondisinya normal kembali.

• Berikan sayur-sayuran hijau menyerupai selada dan sawi.

• Berikan mentimun setiap hari untuk menurunkan birahi Kenari hingga kondisi birahinya normal kembali.

• Frekuensi mandi ditambah, misal kebiasaan Kenari tiap hari dimandikan 1X ditambah menjadi 2X setiap hari.

• Durasi penjemuran dikurangi, misal biasanya Kenari dijemur tiap hari selama 2 jam, dikurangi mejadi 1 jam saja.

• Kawinkan Kenari jikalau kondisi over birahinya sudah terlalu parah, caranya dengan kawin cabut.

Masukkan Kenari jantan kedalam sangkar Kenari betina yang sudah siap kawin, pantau hingga Kenari jantan mengawini Kenari betina beberapa kali. Setelah Kenari jantan final mengawini Kenari betina, segera pisahkan lagi keduanya.

Jauhkan keduanya jangan hingga Kenari jantan melihat atau mendengar bunyi Kenari betina alasannya akan memicu kembali birahinya.

Lihat kondisi Kenari jantan keesokan harinya, jikalau kondisi birahinya masih belum stabil, ulangi lagi proses kawin cabut tersebut hingga kondisi birahi Kenari jantan normal kembali.

Baca juga:

Cara mengatasi Cucak ijo (CI) over birahi paling efektif

Biji fumayin belakang layar Kenari jawara

Perawatan yang sempurna untuk Kenari mabung/ngurak

Demikian isu perihal cara ampuh untuk mengatasi Kenari over birahi (OB). Untuk isu lain seputar Kenari, sanggup dibaca pada artikel OKB yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Kenari over birahi (OB)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar